Bagaimana kaitan antara ekologi dengan politik, ekologi dengan ekonomi dan ekologi dengan antroplogi ?
JAWABAN
INDIA
Rājanīti mēṁ pāristhitikīya
āja hama jānatē haiṁ ki sanrakṣaṇa āndōlana, svāsthya, paryāvaraṇa aura pāristhitikī sahita - pāristhitikīya ka'ī śaktiśālī dārśanika aura rājanītika āndōlanōṁ kō janma dētī hai. Saba kucha śānti āndōlana aura chaha sid'dhāntōṁ kē sātha sanyukta hai, harī āndōlana kā āhvāna kiyā. Āma taura para, isa taraha kē mānava svāsthya aura sāmājika sadbhāva, aura bēhatara arthavyavasthā kō prāpta karanē kē li'ē rāstē kē rūpa mēṁ ādamī kī naitika aura rājanītika prāthamikatā'ōṁ kī sūcī mēṁ pahalē pāristhitikī tantra kē svāsthya lē rahī hai.
Rājanītika paristhiti mēṁ kahā jātā hai ki viśvāsōṁ hai jō lōga. Kucha harē samūha mēṁ sthāpita ki'ē ga'ē haiṁ, lēkina adhikānśa rājanītika dalōṁ mēṁ rājanītika paristhiti vāstava mēṁ kara rahē haiṁ. Bahuta bāra vē nīti, viśēṣa rūpa sē jaṅgala aura ūrjā nītiyōṁ kō jārī rakhanē kē li'ē pāristhitikī kē tarka kā upayōga karēṁ. Aksara ka'ī śikṣāvidōṁ kē rūpa mēṁ, ēka dūsarē kā khaṇḍana tarka hai ki acchī taraha sē karatē haiṁ.
Arthavyavasthā kē sātha pāristhitikīya
mānava arthavyavasthā kē sātha pāristhitikī jōṛanē ka'ī ecologists:
· Lina Margulis arthaśāstra kē adhyayana insāna kaisē jīvana banānē kā kahanā hai ki. Hara dūsarē paśu'ōṁ kē jīvana mēṁ ātā hai ki kaisē paryāvaraṇa adhyayana karatā hai.
Pāristhitikī arthaśāstra aura mānava vikāsa kē sid'dhānta dūsarōṁ, lēkina muśkila kē sātha ārthika savālōṁ kō alaga karanē kē li'ē prayāsa karēṁ. Ka'ī lōgōṁ kō arthavyavasthā basa, pāristhitikī, ārthika aura upēkṣā ēka kā his'sā bana gayā hai. "Prākr̥tika" rājadhānī 2 yaha jōṛatī hai ki ēka sid'dhānta kā ēka udāharaṇa hai.
Nr̥vijñāna sātha pāristhitikīya
dōnōṁ hama isakē binā nahīṁ raha sakatē haiṁ ēka bāta jānanē kē li'ē ka'ī tarīkōṁ kā upayōga karēṁ, kyōṅki kabhī kabhī pāristhitikī, nr̥vijñāna kī tulanā mēṁ. Nr̥vijñāna hamārē śarīra aura mana hamārē paryāvaraṇa kō prabhāvita kara rahē haiṁ, kaisē pāristhitikī hamārē paryāvaraṇa hamārē śarīra aura mana kō prabhāvita kiyā hai kē bārē mēṁ hai kē bārē mēṁ hai.
Kucha lōgōṁ kā mānanā hai ki vē sirpha ēka vaijñānika haiṁ, lēkina lagatā hai yantravata pratimāna niyantraṇa vastu pāristhitikī mēṁ mānava viṣayōṁ lagānē para jōra dēkara kahatē haiṁ - viṣaya - vastu samasyā. Lēkina vikāsavādī manōvijñāna yā mānava kṣamatā'ōṁ aura acchē kē sātha milakara arthavyavasthā kē vikāsa kī cunautiyōṁ kā agara spaṣṭa psychoneuroimmunology jaisē mēṁ.
INDONESIA
Ekologi dengan Politik
Ekologi menimbulkan banyak filsafat yang amat kuat dan pergerakan politik – termasuk gerakan konservasi, kesehatan, lingkungan,dan ekologi yang kita kenal sekarang. Saat semuanya digabungkan dengan gerakan perdamaian dan Enam Asas, disebut gerakan hijau. Umumnya, mengambil kesehatan ekosistem yang pertama pada daftar moral manusia dan prioritas politik, seperti jalan buat mencapai kesehatan manusia dan keharmonisan sosial, dan ekonomi yang lebih baik.
Orang yang memiliki kepercayaan-kepercayaan itu disebut ekolog politik. Beberapa telah mengatur ke dalam Kelompok Hijau, namun ada benar-benar ekolog politik dalam kebanyakan partai politik. Sangat sering mereka memakai argumen dari ekologi buat melanjutkan kebijakan, khususnya kebijakan hutandan energi. Seringkali argumen-argumen itu bertentangan satu sama lain, seperti banyak yang dilakukan akademisi juga.
Banyak ekolog menghubungkan ekologi dengan ekonomi manusia:
· Lynn Margulis mengatakan bahwa studi ekonomi bagaimana manusia membuat kehidupan. Studi ekologi bagaimana tiap binatang lainnya membuat kehidupan.
Ekonomi ekologi dan teori perkembangan manusia mencoba memisahkan pertanyaan ekonomi dengan lainnya, namun susah. Banyak orang berpikir ekonomi baru saja menjadi bagian ekologi, dan ekonomi mengabaikannya salah. "Modal alam" ialah 1 contoh 1 teori yang menggabungkan 2 hal itu.
Ekologi dengan Antropologi
Terkadang ekologi dibandingkan dengan antropologi, sebab keduanya menggunakan banyak metode untuk mempelajari satu hal yang kita tak bisa tinggal tanpa itu. Antropologi ialah tentang bagaimana tubuh dan pikiran kita dipengaruhi lingkungan kita, ekologi ialah tentang bagaimana lingkungan kita dipengaruhi tubuh dan pikiran kita.
Beberapa orang berpikir mereka hanya seorang ilmuwan, namun paradigma mekanistik bersikeras meletakkan subyek manusia dalam kontrol objek ekologi — masalah subyek-obyek. Namun dalam psikologi evolusioner atau psikoneuroimunologi misalnya jelas jika kemampuan manusia dan tantangan ekonomi berkembang bersama Dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar